Lanjutan Marxisme dan Perjuangan Melawan Imperialisme
Melalui pengalamannya, kaum proletariat belajar untuk memahami organisasi kolektif dan disiplin. Inilah hasil dari sekolah keras produksi dan eksploitasi kapitalis, yang mempersiapkan para pekerja untuk menghadapi perjuangan kelas. Senjata-senjata wajar milik kaum proletar adalah metode-metode perjuangan massa &endash;pemogokan, pemogokan umum, demonstrasi massa, yang bertindak sebagai sebuah sekolah yang mempersiapkan kelas ini untuk tugas utamanya, yaitu mengambil alih jalannya masyarakat ke dalam tangannya. Gerakan kaum pekerja di semua tempat adalah sekolah demokrasi. Sebelum para pekerja itu memutuskan untuk melakukan pemogokan, terdapat diskusi demokratis di mana di dalamnya pendapat yang saling bertentangan dapat terdengar. Tetapi sekali telah diambil pilihan suara, kaum bekerja bertindak sebagai satu kesatuan. Mereka yang telah mencoba menghianati keputusan demokratis para pekerja dan mengacaukan pemogokan diperlakukan sebagai buruh penghianat yang memang harus dihukum. Unjuk rasa adalah ekspresi kongkrit dari kehendak mayoritas. Selama berlangsungnya pemogokan kaum pekerja berpartisipasi, bekerja, dan berdiskusi. Setiap pekerja mengetahui bahwa ia belajar lebih banyak selama satu hari pemogokan dibandingkan satu tahun kehidupan "normal". Akibatnya, setiap pemogokan mengandung elemen-elemen revolusi dan sebuah revolusi adalah apa yang teradapat dalam sebuah pemogokan dalam skala besar dan luas. Banyak proses-proses yang muncul di dalam kelas bersifat analog, meskipun dua hal tadi berbeda secara kualitatif. Tetapi di masing-masing keduanya elemen kuncinya adalah partisipasi aktif dan sadar dari kelas pekerja, yang mulai mengambil alih nasibnya ke tangannya sendiri daripada menyerahkannya kepada orang lain &endash;para pemimpin serikat pekerja, anggota parlemen, anggota dewan, dan birokrat. Inilah esensi sosialisme atau, lebih tepatnya, esensi kekuatan pekerja.
Marx, Engels, dan Lenin senantiasa
memberi penekanan pada peran terdepan dari kaum proletariat di dalam revolusi.
Mereka menjelaskan bahwa hanya kelas pekerja yang bisa mengusung revolusi kaum
sosialis. Tak ada kelas lain yang dapat memenuhi peran ini. Mengapa begini? Ini
bukanlah sebuah cetusan pikiran yang tiba- tiba atau sebuah asumsi arbiter. Ia
berbasis pada peran para pekerja dalam produksi, dan kenyataan bahwa
partisipasi dalam produksi kolektif ("sosial") berarti bahwa kelas
pekerja sendirian membangun sebuah kesadaran sosialis (kolektifis). Ini bukan
kasus dengan kelas lain. Kaum tani adalah sebuah kelas para pemilik kecil.
Bahkan para petani yang tak bertanah, kaum proletariat pedesaan, sering sekali
mendambakan pemilikan tanah; jadilah slogan "Tanah untuk penggarapnya"
&endash;yang, meski ini merupakan signifikasi revolusioner yang luar biasa,
semboyan ini memiliki kandungan borjuis, bukan sosialis. Para mahasiswa dan
kaum cendekiawan mempunyai sebuah tendensi yang kuat terhadap individualisme
borjuis kecil, yang seringkali memunculkan dirinya bahkan ketika mereka mencoba
mengadopsi posisi revolusioner.
Melalui pengalamannya, kaum proletariat belajar untuk memahami organisasi kolektif dan disiplin. Inilah hasil dari sekolah keras produksi dan eksploitasi kapitalis, yang mempersiapkan para pekerja untuk menghadapi perjuangan kelas. Senjata-senjata wajar milik kaum proletar adalah metode-metode perjuangan massa &endash;pemogokan, pemogokan umum, demonstrasi massa, yang bertindak sebagai sebuah sekolah yang mempersiapkan kelas ini untuk tugas utamanya, yaitu mengambil alih jalannya masyarakat ke dalam tangannya. Gerakan kaum pekerja di semua tempat adalah sekolah demokrasi. Sebelum para pekerja itu memutuskan untuk melakukan pemogokan, terdapat diskusi demokratis di mana di dalamnya pendapat yang saling bertentangan dapat terdengar. Tetapi sekali telah diambil pilihan suara, kaum bekerja bertindak sebagai satu kesatuan. Mereka yang telah mencoba menghianati keputusan demokratis para pekerja dan mengacaukan pemogokan diperlakukan sebagai buruh penghianat yang memang harus dihukum. Unjuk rasa adalah ekspresi kongkrit dari kehendak mayoritas. Selama berlangsungnya pemogokan kaum pekerja berpartisipasi, bekerja, dan berdiskusi. Setiap pekerja mengetahui bahwa ia belajar lebih banyak selama satu hari pemogokan dibandingkan satu tahun kehidupan "normal". Akibatnya, setiap pemogokan mengandung elemen-elemen revolusi dan sebuah revolusi adalah apa yang teradapat dalam sebuah pemogokan dalam skala besar dan luas. Banyak proses-proses yang muncul di dalam kelas bersifat analog, meskipun dua hal tadi berbeda secara kualitatif. Tetapi di masing-masing keduanya elemen kuncinya adalah partisipasi aktif dan sadar dari kelas pekerja, yang mulai mengambil alih nasibnya ke tangannya sendiri daripada menyerahkannya kepada orang lain &endash;para pemimpin serikat pekerja, anggota parlemen, anggota dewan, dan birokrat. Inilah esensi sosialisme atau, lebih tepatnya, esensi kekuatan pekerja.
Sosialisme adalah demokratis atau ia
bukan apa-apa. Sejak awal mula revolusi sosialis, mestilah ada rezim yang
paling demokratis, sebuah rezim yang akan berarti bahwa untuk pertama kalinya
semua tugas-tugas mengenai menjalankan industri, masyarakat, dan negara akan
berada di tangan mayoritas masyarakat, kelas pekerja. Melalui komite-komite
mereka yang dipilih secara demokratis (soviets), yang dipilih secara langsung
di tempat kerja serta tunduk atas recall sewaktu-waktu, para pekerja akan
menjadi tuan dari masyarakat bukan hanya namanya saja, tetapi juga dalam
kenyataan. Ini adalah posisi kaum pekerja di Rusia setelah Revolusi Oktober.
Marilah kita ingat kembali bahwa Lenin meletakkan 4 syarat utama bagi sebuah
negara kaum pekerja &endash;yaitu, untuk periode transisi antara
kapitalisme dan sosialisme:
- 1)pemilihan umum yang bebas dan demokratis dengan
hak recall terhadap semua pejabat
- 2)tidak ada pejabat yang pantas menerima gaji yang
lebih tinggi daripada seorang pekerja yang ahli
- 3)tidak ada tentara yang berjaga kecuali rakyat yang
dipersenjatai
- 4)secara bertahap, semua tugas-tugas menjalankan
negara harus dilakukan oleh massa di atas basis yang bergilir.
Ketika setiap orang menjadi birokrat
pada gilirannya, maka tidak ada orang yang menjadi birokrat. Atau, sebagaimana
Lenin menyatakan, "Sembarang penggodok ide harus bisa menjadi perdana
menteri."
Hanya di atas basis demikianlah
masyarakat dapat mulai bergerak dalam arahan sosialisme &endash;tahap
tertinggi masyarakat manusia yang Engels gambarkan sebagai loncatan kemanusiaan
dari wilayah keharusan menuju wilayah kebebasan. Secara jelas sebuah
perkembangan yang demikian menuntut adanya sebuah perkembangan yang tinggi
dalam kekuatan-kekuatan produktif. Itulah mengapa Marx dan Engels berpikir
bahwa revolusi sosialis akan bermula di Perancis, dilanjutkan di Jerman, dan berakhir
di Inggris. Pada waktu itu kelas pekerja hanya ada di negara-negara ini. Marx
dan Engels, dan bahkan Lenin sampai pada tahun 1917, bahkan tak membayangkan
kemungkinan kelas pekerja pertama kali muncul sebagai kekuatan justru di sebuah
negara terbelakang. Sosialisme menuntut sebuah tingkat tertentu dari
perkembangan industri, pertanian, ilmu pengetahuan, dan teknik, di dalam
bingkai kerjanya. Hanya di atas basis inilah para pekerja bisa memiliki waktu
bebas secukupnya &endash; di atas basis pengurangan hari kerja&endash;
untuk berpartisipasi dalam menjalankan masyarakat dan negara.
Bagaimanapun, situasi telah berubah
secara radikal setelah kematian Marx dan Engels, disebabkan oleh kedatangan
imperialisme, tahap tertinggi dari kapitalisme sebagaimana dianalisa oleh Lenin
dalam bukunya yang terkenal dengan judul sama. Lenin menjelaskan bahwa satu
dari gambaran-gambaran utama dari imperialisme adalah ekspor kapital dari
negara-negara maju ke negara-negara kolonial dan negara-negara semi-jajahan. Di
atas basis hukum 'perkembangan gabungan dan tak seimbang', sebuah kelas pekerja
yang perkasa tumbuh di negara-negara terbelakang seperti Rusia yang Tsarist,
sebuah fakta yang tidak mengubah karakternya sebagai sebuah negara yang
terbelakang, semi feodal, dan semi jajahan. Persoalan-persoalan utama dari
polemik di antara tendensi-tendensi yang berbeda dari gerakan buruh Rusia
sebelum 1917 adalah setepatnya merupakan karakter dari Revolusi Rusia dan
relasi antar kelas dalam revolusi. Tak dapat disangkal, teori yang mengantisipasi
dan menjelaskan apa yang sungguh-sungguh terjadi di tahun 1917 telah dikerjakan
oleh Trotsky.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar