Jumat, 08 Juni 2012

Bucephalandra Sang Tanaman Unik


Menampilkan keindahan alam di dalam ruang tamu kita merupakan alternatif terbaik saat ini untuk menghilangkan stress, ataupun sekedar pelampiasan hobby yang berhubungan dengan air, ikan dan tumbuhan.

Aquascape adalah pilihan tepat untuk menampilkan keindahan alam bawah air di ruang tamu kita. Menenangkan pikiran sejenak sambil merenungkan keagungan ciptaan Tuhan. Menyaksikan tumbuh tumbuhan, ikan,udang, keong, bahkan jenis kerang kerangan pun bisa kita pelihara di dalam satu aquarium.

Dengan perhitungan kadar O2 dan CO2 yang tepat, serta penerangan lampu khusus sebagai pengganti dari sinar matahari, maka kita sudah bisa menjaga kelangsungan hidup makhluk makhluk penghuni aquarium kita. Terkadang membuat kita sadar betapa repotnya kerja Tuhan. Dan tentu saja pada akhirnya membuat kita mensyukuri atas semua nikmat Tuhan yang telah kita terima selama ini secara gratis.

Bucephalandra adalah salah satu jenis tanaman semi aquatic yang sedang jadi primadona pecinta aquascape di Amerika dan Jepang. Daun nya yang hijau segar, ungu dengan bunga putih yang elok, serta jenis tanaman nya yang mudah perawatan dan lamban pertumbuhan serta bentuk daun nya yang elegan membuat tanaman ini menjadi target perburuan para aquascaper di seantero dunia. Eksotik dan endemik Pulau Borneo telah membuat tanaman ini diburu oleh para kolektor Aquatic plant di seluruh dunia.
Namun karena habitat nya yang hanya terdapat di pulau Kalimantan, membuat tanaman ini memiliki bandrol yang luar biasa tinggi bila dibandingkan dengan tanaman air yang lain nya. Di Amerika saja para aquascaper harus merogoh koceknya sebesar 70 $ US untuk satu rumpun kecil Bucephalandra. Hal ini dikarenakan tanaman ini harus di import langsung dari Indonesia, dan pertumbuhan nya yang lambat membuat para farmer malas untuk membudidayakan nya.
Bucephalandra semakin lebih dan lebih populer baru-baru ini, itu sebenarnya sebuah pabrik menuntut untuk penggemar tanaman. Genus ini adalah saudara untuk Cryptocoryne bawah keluarga Araceae. Tapi tidak seperti Cryptocoryne, genus ini kurang mendapat perhatian dari ahli botani dan hanya tiga spesies dijelaskan sejauh ini dan banyak orang lain yang dibiarkan tanpa nama.
Berikut adalah gambar dan nama/spesies dari Bucephalandra.

 
Bucephalandra sp. Sokan 4 “Shine Green”


Tidak ada komentar:

Sekilas Info

« »
« »
« »

Páginas